Inilah 6 Gunung Berapi yang Dijadikan Sebagai Tempat Wisata di Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur, sekitar 90 km arah selatan kota Surabaya.

Malang juga merupakan salah satu kota paling menarik dan santai dengan iklimnya yang sangat sejuk, membuat siapa saja akan betah tinggal di sana. Selain itu, di Malang juga banyak sekali obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah beberapa tempat wisata gunung berapi berikut ini.

1. Gunung Bromo

Wisata gunung Bromo
fotowisata.com

Jangan bilang bahwa kamu pernah ke Jawa Timur jika belum pernah menjejakan kakimu di gunung berapi yang sangat indah ini. Gunung Bromo, begitulah orang-orang menyebutnya, sebuah gunung api aktif yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya lautan pasir yang membentang seluas 5.250 hektar dan berada pada ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut.

Selain pesona keindahan gunung Bromo, di sini kita juga bisa menikmati kemegahan Semeru yang menjulang ke atas langit, serta menikmati indahnya matahari yang mulai beranjak keluar dari peraduannya ataupun menikmati temaram senja di balik punggung bukit Bromo. Sungguh suatu pengalaman yang tak mungkin bisa kita lupakan dengan begitu saja.

Selengkapnya baca di: Sensasi Wisata Gunung Bromo

2. Gunung Semeru

gunung semeru, mahameru
infopubliklumajang.blogspot.com

Bicara tentang gunung Semeru tentu tak lepas dari yang namanya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang meliputi area seluas 800 km persegi yang berada di wilayah Jawa Timur. Bagi para pecinta gunung berapi, berkunjung ke taman ini adalah suatu keharusan, karena kawasan ini merupakan kawasan gunung berapi terbesar di Jawa Timur.

Salah satunya adalah untuk menikmati keindahan kepulan asap yang keluar dari kawah Semeru. Gunung yang berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung berapi aktif yang sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi para pecinta alam.

Selengkapnya baca di: Pesona Wisata Gunung Semeru (Mahameru)

3. Gunung Kawi

Kawi Butak

Gunung Kawi merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun dikategorikan dalam gunung berapi, tetapi belum pernah ada catatan sejarah tentang letusan gunung berapi yang satu ini.

Sangat disayangkan jika kamu belum pernah berwisata ke sini. Bagaimana tidak, gunung Kawi ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan gunung berapi lain yang ada di Jawa Timur. Jika kamu datang ke sini, kamu akan menemukan suasana yang berbanding 180 derajat dengan namanya. Selain itu, kita juga akan merasa seperti sedang berada di negara orang dengan suasana beberapa ratus tahun yang lalu.

Selengkapnya baca di: Wisata Gunung Kawi dan Butak “Pesona Kota di Atas Bukit”

4. Gunung Butak

Jika berbicara soal gunung Kawi tentu tak lepas dari gunung Butak yang letaknya bersebelahan dengan gunung Kawi, ada juga yang mengatakan bahwa kedua gunung ini adalah gunung kembar (kembar tapi beda). Sama halnya dengan gunung Kawi (so pastilah, kan gunung kembar) meskipun dikategorikan dalam gunung berapi (stratovolcano), namun belum ada catatan sejarah tentang erupsi dari gunung Butak ini.

Selengkapnya baca di: Wisata Gunung Kawi dan Butak “Pesona Kota di Atas Bukit”

5. Gunung Arjuno

setapakkecil.com

Gunung Arjuno merupakan sebuah gunung berapi yang berada pada ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut dengan tipe Strato yang masuk dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, serta tertinggi keempat di pulau Jawa.

Sangat disayangkan tentunya, jika kita tak mampir ke sini ketika sedang berada di Jawa Timur. Sepanjang perjalanan kita menuju ke puncak gunung Arjuno, kita akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam yang tiada duanya. Kawasan hutan Dipterokarp Bukit, Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous juga siap menjamu kedatangan kita. Di sini juga terdapat beberapa wisata lain, diantaranya adalah Kota Wisata Batu dan Taman Safari Indonesia II.

Selengkapnya baca di: 4 Opsi Menarik Untuk Menuju ke Puncak Gunung Arjuno dan Welirang

6. Gunung Welirang

Tak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke gunung Arjuno tapi malah melewatkan keindahan gunung yang satu ini. Orang-orang menyebutnya dengan gunung welirang (belerang) yang disebut-sebut sebagai kembaran dari gunung Arjuno dan letaknya pun juga bersebelahan dengan ketinggian yang hampir sama.

Selengkapnya baca di: 4 Opsi Menarik Untuk Menuju ke Puncak Gunung Arjuno dan Welirang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *