Sentra Oleh-oleh Keripik Tempe Sanan Khas Malang

Berbicara soal keripik tempe, tempat yang paling layak untuk dikunjungi adalah pusat oleh-oleh keripik tempe Sanan yang berada di kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kabupaten Malang.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa harus kesana? Menurut beberapa pengrajin keripik Sanan yang kebanyakan merupakan generasi kedua. Hampir semua warga Sanan merupakan pembuat sekaligus penjual tempe yang rata-rata merupakan industri rumahan (home made). Biasanya tempe yang dijadikan keripik adalah tempe yang tidak laku dijual.

Berhubung keripik tempe yang dijual merupakan tempe yang tidak laku dijual, oleh karena itu skalanya masih kecil. Hal tersebut dikarenakan core bisnisnya adalah sebagai penjual tempe. Seiring dengan berjalanan waktu serta aktifitas membuat keripik tempe tersebut terus dilakukan kemudian dipasarkan. Disamping itu respon dari pasar dan masyarakat cukup bagus.

Dari sekian banyak industri keripik tempe yang ada si Sanan, hanya ada beberapa saja yang mampu berkembang cukup bagus di tengah kerasnya persaingan pasar. Salah satunya adalah keripik tempe milik Bu Noer yang berada di Jalan Ciliwung Gang II No. 2 Kota Malang. Usaha yang dirintis sejak 1993 ini awalnya hanya bermodalkan Rp10000 saja, tapi kini sudah memiliki sekitar 30 orang.

Keripik tempe Sanan
anekatempatwisata.com

Demi memanjakan para pelanggannya, keripik tempe yang dibuat oleh keluarga Bu Noer tersedia dalam berbagai macam varian rasa. mulai dari original, rasa BBQ, rasa keju, rasa pizza, rasa ayam bawang, rasa spageti dan juga udang. Sehingga para konsumen bisa memilih keripik tempe sesuai dengan seleranya masing-masing, selain itu harganya juga cukup terjangkau.

Menariknya, hampir semua toko oleh-oleh yang ada di Malang termasuk keripik tempe sebagian besar dikuasai oleh para keluarga yang dulunya merupakan pengrajin sekaligus penjual keripik tempe.

Jika kamu kebetulan sedang berkunjung di Kota Malang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Malang yang banyak tersebar di sudut-sudut Kota Malang.

Demikian sedikit informasi mengenai oleh-oleh khas kota Malang, yang salah satunya adalah keripik tempe Sanan. Pastikan bahwa semua informasi yang kamu peroleh seputar Kota Malang berasal dari malang.kotamini.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *