pantai ngliyep

Pesona Pantai Ngliyep yang Masih Tersembunyi

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir Pantai Selatan dan terletak di tepi Samudera Hindia yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau sekitar 62 kilo meter ke arah selatan dari Kota Malang.

Luas area wisata ini kurang lebih sekitar 10 hektar yang terdiri dari area wisata, hutan lindung, lahan parkir dan juga penginapan. Masalah fasilitas bisa dibilang sudah lengkap lah pokoknya. Dulu, Pantai Ngliyep merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di Jawa Timur bahkan jauh sebelum dikenalnya Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru.

Kurangnya pengelolaan tempat wisata serta sengketa yang terjadi antara Pemerintah Daerah dan Perum Perhutani setempat, al hasil popularitas dari Pantai Ngliyep pun semakin terpuruk.

Keindahan Pantai Ngliyep.

Terlepas dari semua itu, memang tidak usah diragukan lagi akan panorama keindahan yang disuguhkan oleh pantai ini. Bagaimana tidak, pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat luas dan lembut, terdapat area bermain yang luas dengan berbagai macam pepohonan rindang serta alunan ombaknya yang bisa membuat siapapun merasa ingin tertidur. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing curam serta hamparan hutan tropis yang selalu siap untuk memanjakan mata kita. Di sini juga terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Gunung Kombang yang sering dijadikan sebagai tempat ritual untuk nyi roro kidul.

Tak jauh dari sini (Pantai Ngliyep) juga terdapat sebuah teluk dengan pemandangan yang sangat indah, yang dikenal dengan nama Teluk Putri. Dinamakan demikian, karena teluk ini dilapisi oleh pasir putih kurang lebih setebal 40 cm yang sangat bersih dan lembut, yang disebut-sebut mirip dengan kulit putri. Walaupun pasir tersebut tidak luas atau hanya 100 meter persegi saja, tetapi sangat nyaman untuk menyepi (menyendiri). Untuk menuju ke sana (Teluk Putri) kita hanya perlu berjalan kaki ke sisi kiri dengan menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi. Tapi sesampainya di Teluk Putri kita harus berhati-hati, karena terkadang ada gelombang besar yang menyapu teluk ini. Oleh karena itu, pengunjung dilarang untuk mendekat ke bibir pantai dan hanya boleh berada di area pasir putih saja.

Uniknya, setiap tanggal 14 bulan Maulud (Rabiul Awal) pantai ini akan semakin ramai. Bukan oleh pengunjung, tapi oleh para warga sekitar yang mengadakan acara Labuhan yang sudah turun-temurun sejak zamannya Mbah Atun (Orang yang dipercaya sebagai penemu Ngliyep, tahun 1919). Labuhan sendiri merupakan acara adat masyarakat Jawa (pesisir) berupa selamatan yang biasanya disertai dengan acara menyembelih Kambing atau Sapi yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada warga sekitar, serta dilarung atau dihanyutkan ke laut. Selain itu, warga sekitar juga membawa beraneka ragam sesaji dan diiringi dengan kesenian Jaranan serta pengawal yang memakai pakaian adat untuk mengarak sesaji tersebut ke Gunung Kombang yang berjarak sekitar 300 meter dari pesanggrahan Pantai Ngliyep.

Jalur menuju Pantai Ngliyep.

eastjavabeauty.blogspot.com
eastjavabeauty.blogspot.com

Akses untuk mencapai ke Pantai Ngliyep juga sangat mudah dan nyaman pastinya, karena jalanannya yang sudah bagus dan beraspal sejak tahun 1980. Kita bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun naik mikrolet jalur GN1 dengan jalur Gadang-Ngliyep melewati Donomulyo atau jalur GN2 dengan jalur Gadang-Ngliyep melewati Sumbermanjing Kulon atau yang lebih dikenal dengan Kecamatan Pagak.

Untuk bisa masuk ke sini (Pantai Ngliyep) kita akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5000/orang serta biaya parkir Rp5000/mobil. Ingat, selalu jaga kebersihan pantai agar anak cucu kita juga bisa menikmatinya dan bukan hanya mendengar kisahnya saja, atau yang lebih parahnya lagi anak cucu kita tidak tahu apa itu kepiting.

Demikian sedikit informasi mengenai Pantai Ngliyep yang ada di Malang, Jawa Timur. Pastikan semua info yang kamu peroleh seputar Kota Malang bersumber dari malang.kotamini.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *