balekambang

Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya Pulau Jawa

Jika kamu perhatikan foto di atas, mungkin hal pertama yang terpikirkan adalah Tanah Lot yang ada di Bali. Tapi sayangnya kurang tepat, foto di atas adalah panorama sunset di pantai Balekambang. Sekilas memang hampir sama dengan Tanah Lot di Bali dengan adanya Pura di atas pulau Karang.

Pantai Balekambang sendiri merupakan sebuah pantai yang berada di pesisir selatan pulau Jawa, yang secara administratif masuk dalam wilayah dusun Sumber Jambe, Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu obyek wisata andalan kabupaten Malang sejak tahun 1985-sekarang.

Pesona pantai Balekambang memang tak usah diragukan lagi, suasananya yang masih asri serta kebersihannya yang selalu terjaga, merupakan nilai tambah tersendiri yang semakin meyakinkan kita untuk datang mengunjunginya.

Garis pantainya yang membentang sepanjang 2 KM dengan lebar 200 meter merupakan tempat yang paling cocok untuk menikmati deburan ombak pesisir pantai selatan yang terkenal akan keindahannya. Selain itu, juga banyak terdapat berbagai macam jenis karang, ikan hias, serta kerumunan biota laut yang bisa kita nikmati keindahannya ketika air laut sedang surut.

Dari lepas pantai juga bisa kita lihat ada 3 buah pulau karang yang berjajar ke arah Barat. Pulau-pulau tersebut bernama, pulau “Anoman”, pulau “Ismoyo” dan pulau “Wisanggeni”. Di atas pulau Ismoyo terdapat sebuah Pura yang bernama “Amerta Jati”, kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan jembatan yang menghubungkan antara pulau Ismoyo dengan bibir pantai (kurang lebih 100 meter).

Cerita menarik dibalik keindahan pantai.

infomalangraya.net
infomalangraya.net

Ada kisah yang menarik dibalik Pura Anumerta Jati ini. Yaitu dibangunnya Pura ini dibuat semirip mungkin dengan Pura yang ada di Tanah Lot Bali dan diprakarsai oleh Bupati Malang Edi Slamet pada tahun 1985. Selain sebagai tempat wisata, Pura ini juga masih sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan umat Hindu. Oleh karena itu, pantai ini selalu ramai oleh para pengunjung ketika hari-hari besar umat Hindu, baik untuk berwisata maupun melakukan ritual tertentu dan tak jarang juga ada wisatawan mancanegara yang datang ke sini.

Selain beberapa hal di atas, masih banyak lagi hal menarik yang pastinya hanya bisa kamu nikmati ketika berada di pantai Balekambang ini. Salah satunya adalah menikmati sunset pantai Balekambang yang menyuguhkan siluet Pura dengan background langit senja yang berwarna kuning keemasan. Penasaran! Datang aja langsung, hehe.

Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang.

Fasilitas yang ada disini juga sudah lengkap kok. Mulai dari Mushola, warung dan kios yang menyediakan makanan dan minuman hingga suvenir serta permainan anak-anak, dengan harga yang relatif murah. Di sini juga terdapat wahana fliying fox, tetapi hanya tersedia di akhir pekan saja (Sabtu dan Minggu). Untuk tiket masuknya, setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000/orang. Jika kamu ingin menginap, di sini juga terdapat banyak penginapan/hotel dengan kisaran harga Rp100.000-500.000/malam, tergantung dari layanan serta fasilitas yang kita harapkan.

Untuk rute perjalananya sendiri, kita bisa lewat jalur Malang-Kepanjen. Yaitu, lewat Gondanglegi, Pagelaran, Srigonco, Balekambang. Atau bisa juga lewat jalur Malang-Bululawang, yaitu lewat Gadang dan Kendalpayak baru kemudian lewat Gondanglegi, untuk seterusnya sama halnya dengan rute (Malang-Kepanjen).

Demikian sedikit informasi tentang pantai Balekambang Malang, Jawa Timur. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pastikan informasi yang kamu peroleh seputar kota Malang, berasal dari malang.kotamini.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *