Menikmati Eksotisme Pantai Berbukit (Pantai Bajul Mati)

Kota Malang memang juara kalau soal destinasi wisata, baik yang ada di pusat kota maupun alam bebas, salah satunya adalah pantai Bajul Mati. Meskipun namanya terdengar serem, tapi keindahannya sangat luar biasa.

Pantai ini berada sekitar 58 km dari Kota Malang, atau tepatnya di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Akses untuk menuju ke sana juga sangat mudah, dari Kota Malang ambil arah ke Turen – Sumbermanjing Wetan kemudian akan kamu temui sebuah yang menunjukan arah ke Pantai Bajul Mati.

Jalannya pun juga sudah baik dan beraspal, namun kamu harus tetap berhati-hati karena jalannya yang berkelok-kelok (maklum kawasan pegunungan). Pokoknya nggak usah khawatir bakalan tersesat, karena banyak sekali papan penunjuk arah yang terpasang.

Baca juga: Pantai Sipelot, Pantai Perawan nan Eksotis

Keindahan Pantai Bajul Mati.

freeyourhead.wordpress.com
freeyourhead.wordpress.com

Sebelum kamu masuk ke area Pantai Bajul Mati, akan kamu jumpai sebuah jembatan sapanjang 90 meter yang berbentuk setengah lingkaran. Sungguh suatu pemandangan yang sangat indah, desain jembatan yang sangat artistik ditambah lagi dengan pemandangan bukit-bukit karang serta lautan lepas yang biru merona. Tempat juga ini merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen.

Kurang dari 10 menit (dari jembatan) kita akan sampai di lokasi tujuan (Pantai Bajul Mati). Untuk bisa masuk ke area wisata ini kita harus membayar biaya retribusi Rp4000/orang. Pantai Bajul Mati merupakan salah satu pantai pasir putih dengan hamparan babatuan karang yang sangat menawan. Selain itu, pantai ini juga memiliki beberapa teluk yang sangat indah. Namun sayang, kita tidak dianjurkan untuk berenang di sini. Karena, kondisi pantai yang curam (banyak karang) dengan ombak pantai selatan yang terkenal cukup ganas.

Tapi nggak usah khawatir dengan hal tersebut, kita masih tetap bisa bermain air dengan leluasa di bibir pantai, yang di mana terdapat muara sungai. Air di muara tersebut juga sangat jernih dan tampak kehijauan. Ada yang menarik lagi dari tempat ini, yaitu ketika hari raya Idul Fitri atau tepatnya seminggu setelah lebaran, biasanya akan diadakan prosesi larung ketupat oleh warga sekitar pantai.

Pantai ini bisa dibilang sangat unik, yaitu adanya beberapa pulau karang yang mirip dengan bukit yang keluar dari dalam laut. Hal tersebut lah yang membuat pantai ini semakin menarik untuk dikunjungi, baik sendiri maupun bersama orang tercinta.

Sejarah Pantai Bajul Mati.

Menurut cerita yang saya peroleh dari warga sekitar, katanya! Pantai ini pertama kalinya ditemukan sekitar tahun 80-an. Ketika itu, disekitar pantai tersebut ditemukan seekor buaya yang sudah mati, oleh karena itu pantai ini dinamkan dengan Pantai Bajul Mati (Buaya mati). Namun, ada pendapat lain yang mengatakan dari mana asal mula dari nama tersebut. Dinamakan dengan Bajul Mati karena di pantai tersebut terdapat sebuah batu karang panjang yang mirip dengan seekor buaya.

Selain menawarkan panorama pantai yang sangat indah, di kawasan Pantai Bajul Mati juga tedapat sebuah gua yang bernama Gua Wil. Gua tersebut masih berada dalam satu komplek kawasan wisata Pantai Bajul Mati, untuk bisa sampai ke gua ini kita cukup berjalan kaki sekitar 300 meter saja ke arah timur pantai.

Gua tersebut berada di bawah sebuah bukit karang yang dikelilingi dengan ladang kelapa serta ketela pohon warga sekitar. Meskipun disebut dengan gua, tetapi tidak lubang masuk yang bisa digunakan untuk masuk, sehingga lebih tepat jika disebut sebagai batu karang yang dasarnya sudah terkena abrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *