Indahnya Pantai Sendang Biru yang Jernih

Pergi berwisata ke pantai ketika akhir pekan atau ketika liburan tentunya akan sangat menyenangkan. Panorama lautan yang memukau akan membuat pikiran kita menjadi fresh lagi. Kamu tak usah jauh-jauh pergi ke Bali yang sejak terkenal akan keindahan pantainya.

Di Pulau Jawa sendiri banyak pantai eksotis yang masih belum terjamah. Di Malang misalnya, ada salah satu pantai yang sangat indah dan menjadi primadona para pecinta pantai. Pantai tersebut adalah Pantai Sendang Biru.

Keindahan Pantai Sendang Biru.

Optimized-andiputra2012.wordpress.com
Optimized-andiputra2012.wordpress.com

Pantai yang masuk dalam wilayah administratif Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing, Kabupaten Malang. Atau kurang lebih sekitar 30 km arah selatan Kota Malang. Pantai ini berada di Samudera Hindia dan berada dibalik sebuah pulau tak berpenghuni.

Walaupun berada di pesisir pantai selatan yang terkenal akan ombaknya, namun kamu nggak perlu khawatir. Karena, ombak di Pantai Sendang Biru ini sangatlah tenang, hal tersebut disebabkan karena terhalang oleh sebuah pulau konservasi (Pulau Sempu). Pantai Sendang Biru ini merupakan pembatas antara bibir pantai dan Pulau Sempu. Oleh karena itu, jika kita ingin ke Pulau Sempu tentu kita harus menyeberangi Pantai Sendang Biru terlebih dahulu.

Nama ‘Sendang Biru’ sendiri diambil dari karakter airnya yang bersih, jernih dan nampak kebiru-biruan. Oleh sebab itu dinamakan dengan Sendang Biru yang berarti ‘sumber air berwarna biru’. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan dan tempat bersandarnya perahu para nelayan yang juga disewakan untuk para wisatawan. Harganya juga bervariasi, untuk perahu motor disewakan dengan harga Rp100.000 saja, sedangkan perahu dayungnya disewakan dengan harga Rp50.000.

Jika kamu sedang berkunjung ke sini dan kebetulan berada di tengah laut, cobalah untuk melihat ke bawah laut. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan biota laut yang terlihat dengan sangat jelas. Banyak ikan kecil yang berenang keluar masuk terumbu karang, dan pastinya akan membuat liburan kamu seru dan tak terlupakan.

Kalau sudah bosan bermain pasir dipinggir pantai, kita bisa menyewa perahu yang disediakan oleh nelayan sekitar untuk berkeliling Pulau Sempu serta menikmati eksotisme bibir pantainya yang sangat memukau. Di sini akan kita temui sebuah telaga yang disebut dengan Telaga Anakan. Selain itu, juga terdapat telaga lainnya yang dikenal dengan Telaga Lele dan Telagga Sat yang juga tak kalah indah.

Pokoknya, kamu bisa melakukan segala aktifitas pantai yang sangat menyenangkan, mulai dari berenang, memancing, berjemur, menyelam dan lain sebagainya. Jadi, buat kamu yang sudah punya rencana untuk liburan ke pantai, maka pantai yang satu ini sangat recomended untuk kamu kunjungi dan kamu jadikan sebagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Pantai Sendang Biru ini dikelola oleh sebuah perusahaan negara milik Forestay. Oleh karena itu, fasilitas yang ada di sini juga sangat lengkap, mulai dari penginapan, rumah jaga, guest house dan beberapa jasa pelayanan yang menawarkan paket wisata di sini.

Selain itu, letak dari Pantai Sendang Biru ini juga berdekatan dengan beberapa pantai indah lainnya. Diantaranya ada Pantai Ngliyep, Pantai Kondang Merak dan Pantai Gua China.

Akses menuju Pantai Sendang Biru.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (roda dua atau empat) maupun kendaraan umum. Untuk yang menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik mkrolet jurusan Gadang – Turen – Sendang Biru dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Malang.

Jalan menuju ke sana juga sudah bagus dan beraspal, meskipun begitu harus tetap hati-hati dan jangan kebut-kebutan. Karena, kondisi jalan di sini sempit, berkelok-kelok, tikungan tajam, disertai banyak tanjakan dan turunan yang sangat curam. Untuk bisa masuk ke Pantai Sendang Biru kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5000/orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *